Senin, 03 Juli 2017

Boneka Horta Yang Ramah Lingkungan

Pada 2007, Gigin mulai membangun bangunan spesial seperti toko jadi infrastruktur penunjang bisnisnya yang Boneka Doraemon Wisuda Bandung bernama Tempat tinggal Boneka Horta. Toko itu dibuat di lokasi universitas IPB, jl. Babakan Raya no 37 Darmaga, Bogor.

“Rumah boneka horta ini cuma berjarak 500 mtr. dari universitas IPB, saya memanglah berniat membuat di daerah universitas, karna bagaimanapun boneka horta ini lahir dari project universitas, serta ini adalah bentuk dedikasi saya pada almamater, ” tuturnya.

Makin hari, usaha ini makin terkerek dengan adanya banyak keinginan. Gigin saat ini tidak cuma mengarah pada anak-anak namun pada sebagian korporasi yang jadikan boneka horta jadi suvenir atau merchandise perusahaan.

Diluar itu ia juga tawarkan pada sebagian pihak atau eksekutif yang mempunyai hoby atau kecintaan pada tanaman serta lingkungan.


Saat ini tidak cuma berada di Bogor, Boneka Horta telah masyhur di banyak daerah seperti Jakarta, Depok, Bandung, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Lampung, Padang, Medan, Bali sampai Sorong.

Untuk harga, Gigin tidak sempat bermain dengan harga tinggi. Harga patokannya cuma sekitaran Rp5. 000 untuk boneka kelas suvenir pernikahan. Ada pula suvenir yang dibanderol harga Rp25. 000.

“Semua itu bergantung dari tingkat kerumitan pembuatan, ” tuturnya.

Boneka horta jadi media pot dibagi jadi 2 persyaratan. Horta kecil di bandrol Rp7. 500-Rp15. 000, sedang horta besar di bandrol Rp20. 000-Rp30. 000.

Omzet yang didapat Gigin dari usaha ini menjangkau Rp50 juta-Rp100 juta. Bahkan juga Gigin mengakui memperoleh omzet sampai Rp1 miliar perbulan saat boneka horta bekerja sama juga dengan acara Bank Ekonomi.

Membuat Kampung Horta

Menurut Gigin, omzet tidaklah hanya satu hal yang perlu. Bagiamana ia memberdayakan orang-orang sekitaran juga dilihat perlu oleh pria yang mempunyai 2 anak itu.

Ia menyerahkan semua aktivitas produksi boneka horta di kampung Ciomas, Bogor. Di sana banyak menetap ibu-ibu rumah tangga serta anak-anak yang putus sekolah. Umumnya dari warga di sana yaitu lulusan sekolah basic serta sekolah menengah pertama.

Dengan kemauan menginginkan memberdayakan orang-orang sekitaran, Gigin konsentrasi pada kesejahteraan mereka yang telah dia anggap jadi karryawan serta keluarga,

Lelaki berzodiak aries itu juga membuat satu kampung horta yang mempunyai tujuan untuk kursus. Di sini diselenggarakan kursus keterampilan berkaitan dengan lingkungan serta pertanian. Anak-anak di ajarkan tehnik menanan hidroponik, yakni menanam tanaman tanpa ada memakai tanah namun dengan media beda.

Dengan perubahan boneka horta yang kain cepat, Gigin bukannya tidak sempat rasakan kegagalan. Sempat ia tidak diterima oleh sebagian sekolah karna mereka belum juga seutuhnya tahu rencana dari boneka horta. Mereka juga berasumsi boneka horta bisa mengakibatkan penyakit pada anak karna tingkat kebersihan boneka yang diragukan.

Tetapi gigin mengakui semuanya bisa ditangkis dengan ketekunan bekerja.

“Jika sempat disepelekan atau direndahkan, jadiakan itu jadi referensi untuk maju ke depan, dengan ketekunan. Ketekunan yang senantiasa disertai dengan pemikiran yang kreatif serta inovatif, ” tuturnya.

Kiat pengembangan yang dikerjakan Gigin yaitu senantiasa meningkatkan product serta menciptakn inovasi yang menarik. Kadang-kadang keinginan spesial dari customer bisa jadi satu diantara input untuk berinovasi.


Diluar itu, Gigin juga gencar pasarkan produknya dengan system on-line. Media sosial jenis facebook, kaskus, situs (blog) serta twitter jadi favoritnya. Ia mengakui 70% pendapatannya didapat lewat system on-line. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar